Mengembalikan Produktivitas Lahan Pertanian


http://tunasbali.blogspot.co.id/2016/11/mengembalikan-produktivitas-lahan.html
    Pesatnya laju pertumbuhan penduduk menyebabkan semakin banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman, sehingga semakin berkurangnya produk pertanian yang dihasilkan yang berimbas kepada semakin mahalnya harga kebutuhan akan produk pertanian untuk konsumsi masyarakat. Disamping itu pula alih fungsi lahan yang  tidak sepenuhnya dimanfaatkan pemiliknya
menimbulkan banyaknya lahan pertanian yang terbengkelai begitu saja, yang semestinya masih dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sendiri.

    Berdasarkan hal tersebut di atas kali ini saya akan membagi pengalaman dalam mengembalikan lahan yang tidak produktif menjadi menghasilkan lagi. Percobaan dilakukan pada sebidang tanah yang keadaannya sudah memprihatinkan, lahan tersebut sudah ditumbuhi alang alang sehingga menutupi seluruh permukaannya dan tercemar sampah plastik, ketika musim hujan akan terus tergenang dan pada musim kemarau tanah menjadi keras dan tandus. Langkah langkah yang diterapkan antara lain :

1.       Pembersihan Lahan.
Rumput alang alang dan tumbuhan lain yang menutupi seluruh permukaan lahan harus dibabat habis terlebih dahu, bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan sabit atau menggunakan mesin rumput , lebih baik gunakan mesin saja ya, hasil lebih bagus, lebih cepat, dan lebih hemat tenaga. Rumput alang alang yang sudah dipotong dikumpulkan pada satu tempat  untuk nanti digunakan sebagai mulsa organic. Untuk sampah plastic dan sampah lain dikumpulkan kemudian dibakar semuanya.

Sebelum pembabatan
Setelah pembabatan
 
Sampah plastik
2.       Mencegah Alang alang Tumbuh Kembali
Rumput alang alang merupakan suatu indicator yang menunjukkan tanah telah kehilangan kesuburannya atau misikin dengan zat hara. Sebelum teknologi pertanian belum maju, untuk menghilangkan alang alang merupakan pekerjaan yang sangat berat dilakukan, tetapi berbeda dengan zaman sekarang yang sudah banyak ditemukannya obat obat pertanian yang memudahkan pekerjaan tersebut. Herbisida yang saya terapkan dan terbukti ampuh untuk menghilangkan alang alang adalah roundup. Herbisida ini bersifat sistemik, yaitu membunuh seluruh jaringan tanaman yang terkena obat ini. Alang alang yang sudah terpotong dibiarkan tumbuh kembali, dalam pengamatan pada lahan percobaan dalam waktu seminggu alang alang akan tumbuh subur kembali  dan inilah waktu yang tepat untuk menyemprotkan herbisida. Dengan dosis 100 ml roundup per 10-14 Lt air kemudian semprotkan secara merata keseluruh tanaman pengganggu, dalam waktu seminggu alang alang akan terlihat menguning dan kemudian mati sampai ke akar akarnya,dan tanah akan menjadi gembur dengan sendirinya.   

3.       Perbaikan Drainase.
Lahan yang sudah bersih dari alang alang dan sampah plastic tadi dibuatkan parit parit di sekelilingnya dan petak petak, dengan aliran menuju saluran pembuangan air agar nanti pada musim hujan air bisa mengalir tanpa menggenangi lahan.   

Parit & Petakan

4.       Memperbaiki Struktur Tanah
Tanah yang keras dan tandus akan menyulitkan tanaman untuk tumbuh diatasnya karena akar tidak bisa tumbuh dengan optimal, maka dari itu sebelum melakukan penanaman tanah harus diolah terlebih dahulu yaitu dengan cara dicangkul atau dibajak terlebih dahulu untuk menggemburkannya, dan untuk mengembalikan kesuburannya bisa dilakukan dengan pemberian pupuk kompos atau pupuk kandang yang ditaburkan keseluruh lahan.
 

5.       Percobaan Menanam Kembali
Hal terakhir yang dilakukan adalah mengisi lahan dengan tanaman pada petak petak yang sudah disiapkan sebelumnya, pada lahan percobaan yang saya buat saya tanami dengan berbagai tanaman seperti : papaya, pisang, semangka, tomat, cabe, nenas yang semuanya hasil dari percobaan pembibitan/menumbuhkan sendiri. Yang terpenting adalah pengaturan jarak tanaman dan pemberian mulsa dari alang alang sebelumnya ke seluruh permukaan lahan untuk mengatur kelembaban tanah dan mencegah gulma tumbuh kembali.  

Penanaman setelah olah lahan

    Jika dirasa hal diatas sulit untuk dilakukan karena terbentur waktu anda bisa menerapkan dengan cara penanaman tanpa olah lahan terlebih dahulu. Anda cukup mengolah tanah disekitar tempat tanaman akan ditempatkan, dan kemudian sedikit demi sedikit membersihkan keseluruhan lahan. Semoga bermanfaat dan “Happy Gardening”



Penanaman tanpa olah lahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar