Menanam Nanas dari Mahkota Buahnya


http://tunasbali.blogspot.co.id/2016/11/menanam-nanas-dari-mahkota-buahnya.html
    Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.


    Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif.

    Berikut ini saya akan berbagi pengalaman cara menumbuhkan tanaman nanas dari mahkota nya. Tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan antara lain :

1.       Mempersiapkan Mahkota Buah.
    Pilihlah mahkota buah yang berasal dari buah nanas yang sudah matang atau tua dengan ciri-ciri daun masih terlihat hijau dan segar dan berukuran besar, yang berukuran kecil akan lama pertumbuhannya. Kemudian mahkota buah dilepaskan dari buah dengan cara dipatahkan pada pangkalnya. Daun-daun yang berada di pangkal dihilangkan beberapa bagian sampai terlihat batangnya.

Buah Nanas dan Mahkotanya


2.       Merendam Mahkota Buah
    Mahkota Buah yang sudah bersih tadi kemudian direndam kedalam air, terlebih dahulu persiapkan gelas plastic yang sudah berisi air.  Pada pangkal mahkota nanas dikasih tusuk gigi atau bahan lain juga boleh sebanyak tiga buah, tujuannya untuk menopang mahkota nanas selama direndam dalam air. kemudian masukkan mahkota nenas tadi kedalam gelas yang sudah berisi air, usahakan bagian yang terendam hanya pada bagian pangkal  yang terlihat batangnya saja. Jika air dalam gelas terlihat keruh bisa diganti dengan air yang baru.

Mahkota Nanas yang direndam

3.       Menanam Mahkota Buah
    Setelah berselang kurang lebih satu minggu, akar mulai bermunculan dari pangkal nanas yang telah direndam tadi. Bila panjang akar yang keluar sudah banyak dengan panjang kurang lebih lima centimeter, mahkota nanas sudah siap untuk ditanam pada media tanam tanah. Bisa langsung ditanam ditanah atau dirawat dahulu dalam polibag atau pot kecil, untuk kemudian ditanam ketempat yang anda inginkan.
Mahkota Nanas yang sudah siap tanam
Mahkota Nanas di media tanam pot


Dari pengalaman saya cara ini 99% berhasil, dan saat ini saya sudah punya beberapa pohon nanas dalam polibag yang sudah siap untuk ditanam dikebun. Semoga bermanfaat dan “Happy Gardening”  
 
Pohon Nanas siap tanam

1 komentar:

  1. mas, selama ditaruh di air, diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari atau tempat teduh aja?

    BalasHapus