Cara Menumbuhkan Anggur Dari Bijinya




http://tunasbali.blogspot.co.id/2016/10/cara-menumbuhkan-anggur-dari-bijinya.html
   


Tanaman anggur biasanya ditumbuhkan dengan cara stek batang, tapi kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara menumbuhkan anggur dari bijinya, bagi anda yang suka berkebun cara ini saya rasa sangat mudah sekali. Ada beberapa usaha yang harus dilakukan antara lain :





Mempersiapkan Biji Anggur.
Biji anggur saya peroleh dari buah anggur yang dibeli di supermarket, saya kurang tahu apa jenisnya, dikemasan anggurnya tertulis ‘Anggur Merah Import’, Kemudian bijinya dikumpulkan semua dalam kantong plastic berjumlah kurang lebih 25 biji dengan harapan setengahnya ada kemungkinan untuk tumbuh.

Biji anggur

Menyortir Biji Anggur.
Biji anggur yang sudah terkumpul kemudian dipilah lagi dengan cara dimasukkan kedalam wadah yang berisi air, biji anggur yang mengambang sebaiknya dibuang saja karena kemungkinan untuk bisa tumbuh sangat kecil, sedangkan biji anggur yang tenggelam kemudian ditiriskan dan dikeringkan cukup dengan diangin-anginkan selama minimal satu hari.

Penyortiran biji anggur
Perendaman Biji Anggur.
Biji anggur yang sudah kering sudah siap untuk dikecambahkan dengan cara direndam semalaman, tetapi sebelum biji tersebut harus direndam dahulu didalam larutan pemutih pakaian atau bayclean dan ditambah sabun cuci piring . Campur ½ tutup bayclean dan sabun cuci piring 1-2 tetes kedalam ½ gelas air kemudian biji anggur direndam kedalammnya selama 2 jam, disamping itu persiapkan campuran air dengan bawang merah, dengan cara 1 siung bawang merah dihaluskan atau ditumbuk kemudian dimasukkan ke dalam setengah gelas air hangat kuku, setelah diaduk-aduk kemudian disaring. Biji anggur yang sudah direndam dengan bayclean kemudian ditiriskan dan dicuci lagi dengan air bersih dan biji anggur sudah siap untuk direndam dengan campuran air dan bawang merah semalaman atau kurang lebih selama 12 jam.

Perendaman biji anggur
Mengkecambahkan Biji Anggur.
Untuk mengkecambahkan biji anggur diperlukan waktu kurang lebih tujuh hari, dari pengalaman saya yang paling cepat setelah 5 hari sudah mulai keluar bakal akar. Sebelumnya perisapkan tissue dan kotak plastic makanan yang ada tutupnya seperti gambar di atas. Susun tissue didasar kotak plastic sebanyak 3 lapis, kemudian dibasahi dengan air secukupnya (air jangan sampai menggenang)  . Setelah itu susunlah biji anggur pada permukaan tissue yang telah dibasahi tersebut kurang lebih berjarak 1 cm antara biji satu dengan yang lainnya. Biji anggur yang sudah tersusun didalam kotak tadi kemudian ditutup untuk menjaga kelembabannya dan disimpan di dekat jendela untuk mendapatkan sedikit sinar.

Penyusunan biji anggur

Menanam Biji Anggur    
Biji anggur yang sudah berkecambah (bisa dilihat dari ujung biji terbelah dan keluar sulur putih) harus segera dipindahkan ke tempat penyemaian. Tempat penyemaian bisa dibuat dari gelas plastic yang sudah dilubangi bagian bawahnya atau polybag berdiameter 10cm dengan media tanam berupa tanah dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 dan bisa juga ditambahkan kompos, selain campuran pasir, arang sekam atau sekam padi juga bisa digunakan, fungsinya untuk membuat media tanam menjadi gembur sehingga akar anggur mudah untuk berkembangbiak dan tanamlah biji anggur kurang lebih ½ cm sampai 1 cm dari permukaan media tanam, biji anggur yang sudah ditanam dijaga kelembabannya dengan cara disiram mengunakan sprayer agar media tanam tidak hanyut, dan disimpan di dekat jendela agar mendapat sedikit sinar. Setelah kurang lebih 7 hari tunas anggur akan mulai muncul dari media tanam, dimulai dari batang, kemudian kelopak daun mulai terlepas dari cangkang biji dan terangkat kepermukaan. Terkadang cangkang biji masih menempel pada kelopak daun, sebaiknya dibiarkan saja karena nanti akan terlepas sendiri seiring melebarnya daun. Untuk selanjutnya tunas tunas dipelihara dengan tetap menjaga kelembaban media tanam dan mulai diperkenalkan dengan sinar matahari sedikit demi sedikit agar batangnya menjadi kokoh.

Batang mulai keluar 1
Batang mulai keluar 2


Daun mulai terlepas dari cangkang

Cangkang ikut terangkat

Daun mulai melebar

Untuk pemeliharaan lebih lanjut akan saya bagi pada postingan selanjutnya, semoga bermanfaat dan ‘Happy Gardening’.  

1 komentar: