Menanam Semangka dari Bijinya


http://tunasbali.blogspot.co.id/2016/12/menanam-semangka-dari-bijinya.html
Iseng-iseng menanam semangka dari menumbuhkan sendiri dari bijinya, saya tidak menyangka mereka dapat berbuah semua dengan ukuran buah yang besar
pula. Bijinya saya peroleh dari buah semangka yang dikasih oleh saudara, bijinya saya kumpulkan, dikeringkan, dan dikecambahkan, tahapannya sama seperti postingan saya tentang cara menanam papaya.
 
     Meniru petani semangka yang pernah saya lihat, tanaman semangka dialasi dengan mulsa. Mereka biasanya menggunakan mulsa plastik, akan tetapi saya menggantinya dengan mulsa dari rumput alang-alang, memanfaatkan yang tersedia di sekitar lahan saja.

Pemberian Mulsa

    Untuk pemeliharaan tidak ada hal khusus yang saya lakukan, paling hanya mencabuti tanaman pengganggu di sekitar tanaman semangka dan melakukan penyiraman secukupnya. Pemupukan cukup saya berikan NPK 16:16:16 segenggam saja, ditaburi dibawah mulsa, berjarak 10cm melingkari tanaman semangka.

    Pada awal tanaman semangka mulai berbunga saya pesimis mereka akan dapat berbuah karena sebagian besar bunga dan pentil buahnya rontok, tapi saya tetap pelihara saja dengan menyirami mereka. Seminggu kemudian harapan mulai muncul karena ada beberapa buah semangka yang mulai membesar, waktu itu ada sekepalan tangan, pemupukan dengan NPK pun saya berikan lagi.

Sudah Mulai Berbunga


Buah Mulai Membesar

    Setelah buah semangka semakin membesar, mereka saya kasih alas dari mulsa alang-alang yang cukup tebal agar buah selalu dalam keadaan kering, buah dibolak balik agar rata terkena sinar matahari. Buah semangka bisa dipanen dengan ciri-ciri batang buah sudah mulai terlihat mengkerut atau tanamannya sudah mulai mati.Semoga bermanfaat dan "Happy Gardening"



Buah Semangka Jumbo


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar